Hunting and Shooting Tanjung Papuma

Hunting and Shooting Tanjung Papuma

Tanjung Papuma tidak jauh beda dengan julukan surga dunia bagi kalangan wisatawan. Wisatawan seakan tak akan pernah bosan menikmati panorama pantai landai berpasir putih dengan desiran ombak disertai nyiur angin melambai sepoi-sepoi disepanjang bibir pantai. Hangatnya sinar Matahari menambah udara senantiasa bersih dan jauh dari polusi. Tanjung Papuma merupakan teluk yang menjorok di pantai selatan Jawa Timur dengan bentangan pantai berpasir putih. Kawasan Tanjung Papuma ini juga merupakan kawasan konservasi hutan yang dikelola oleh Perhutani. Sebelum anda memasuki kawasan ini, maka banyak tertera peringatan untuk tidak berburu atau menebang, dikarenakan area konservasi banyak menyimpan berbagai khas flora dan fauna tropis. Kondisi geografis yang stabil, bahkan membuat daerah wisata ini bisa dinikmati dalam cuaca apapun, baik di musim kemarau dan atau selama musim penghujan tiba. Tetapi sangat disayangkan masih belum banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara tahu tentang tanjung dengan pantai terindah yang masih belum banyak orang menjamah ini.

Untuk itu kami Artha Raya Trans dengan jasa Sewa Mobil Surabaya murah memberikan referensi tambahan liburan bagi wisatawan yang hobbi dengan panorama pantai memukau dan disertai landai pasir putih yang membentang. Tanjung Papuma berada di selatan kota Jember dengan jarak kurang lebih 30 Km dan dengan jarak tempuh kurang lebih 1.5-2 jam perjalanan. Dan tepatnya pantai yang memiliki luas wilayah 50 hektar ini terletak di Kecamatan Ambulu dan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Tanjung Papuma sendiri merupakan nama yang diberikan, diambil dari kepanjangan kata Pasir Putih Malikan (Papuma). Kata tanjung sendiri ditambahkan di depannya untuk menggambarkan posisi pantai yang menjorok ke laut barat daya daerah, sehingga masyarakat menamakan Tanjung Papuma.

Sebelum anda memasuki kawasan Tanjung Papuma terlebih setelah sampai pada pintu pertama, Sewa Mobil Surabayamenghimbau kepada wisatawan untuk ekstra hati-hati dalam mengendarai kendaraan. Sekedar informasi, untuk menuju di kawasan pantai jalan yang dilalui masih kurang bagus dengan medan naik turun dan sempit. Tetapi dengan begitu, wisatawan dapat menikmati keindahan alam hutan jati yang hijau dan bahkan ada yang sudah mengering di sepanjang jalan menuju pantai. Banyak fotografer yang mengambil latar belakang hutan jati yang sudah mengering di area menuju pantai ini untuk pengambilan foto pre-wedding.

Dan ketika wisatawan sudah memasuki kawasan, maka jangan kaget jika banyak melihat kera/monyet bergelantungan dan mondar-mandir di kawasan Tanjung Papuma ini. Tetapi kera/monyet  yang berada di kawasan sudah beradaptasi dengan masyarakat sekitar sehingga mereka cukup jinak dan berbagi kehidupan yang selaras. Asal jangan menyakiti atau mengejek kera/monyet di kawasan Tanjung Papuma ini jika anda tidak mau disakiti apalagi dikatain monyet loe ama mereka..hehehe. Sekali lagi Sewa Mobil Surabaya menghimbau untuk tetap waspada terhadap barang bawaan jika tidak ingin barang kesayangannya dipinjam kera/monyet untuk bergaya.

Wisata pantai di selatan kota Jember ini ketika dalam kondisi gelombang yang cukup tenang, maka permukaan laut kelihatan hijau kebiru-biruan. Dan jika wisatawan ingin berenang, maka niat dan hasrat itu dibuang jauh-jauh dulu karena banyak peringatan menghimbau untuk tidak berenang. Wisatawan hanya diperbolehkan bermain-main dengan pasir putih dan atau sekedar hanya menyentuh kaki dibibir pantai untuk merasakan riak gelombang. Tetapi jika wisatawan ingin menikmati lebih jauh Tanjung Papuma, maka dapat menyewa perahu untuk berlayar dan menikmati wisata bahari mengelilingi sekitaran daerah Tanjung. Dengan berlayar, wisatawan dapat melihat lebih dekat pulau-pulau karang yang banyak terbentang di sepanjang Tanjung Papuma.

 

Dan jika wisatawan kurang berani untuk mengarungi Tanjung menggunakan perahu, maka keindahan panorama pulau-pulau karang dapat dilihat dari Siti Hinggil, sebuah menara di atas bukit di ujung barat Tanjung Papuma. Menara ini sengaja dibuat oleh Perhutani sebagai tempat untuk wisatawan melihat panorama seluruh tanjung, serta sebagai pos pemantauan keamanan dan hewan-hewan yang ada di wilayah tersebut. Setiap pulau-pulau karang itu memiliki sebutan sendiri-sendiri dan menggunakan nama-nama dewa dalam dunia wayang, seperti Guru, Kresna, dan Narada.

Ketika kita palingkan pandangan ke arah barat, kemudian dari Sitihinggil ini kita bisa menikmati sebuah pulau besar yang duduk di tanjung kejauhan tengah. Oleh warga Jember, pulau ini dikenal sebagai Nusa Barong. Untuk menuju ke Nusa Barong, wisatawan dapat menggunakan perahu menyusuri pantai dengan jarak sekitar 50 mil laut atau jarak tempuh sekitar empat jam dari bibir pantai.

Wisata di Tanjung Papuma seakan tidak lengkap jika wisatawan tidak menikmati makanan dan minuman di kala senja. Di sepanjang tak jauh dari bibir pantai, banyak warung-warung makanan yang menyajikan aneka ragam makan laut dan minuman ala pantai yaitu es degan (es kelapa muda). Apalagi jika wisatawan bersabar sampai menjelang matahari terbenam, tampak beberapa nelayan menarik perahu ke tepian dan hasil tangkapan mereka berupa ikan krapu, kakap, dan tuna segar. Wisatawan dapat langsung menghampiri mereka dan langsung dapat dibeli.  Untuk dapat dihidangkan sambil menunggu makan malam, wisatawan dapat meminta warung-warung disekitaran pantai untuk dimasak sesuai keinginan anda. Sambil menunggu ikan dibakar atau dimasak, maka perapian alam dari cabang-cabang kayu kering dapat dijadikan berkumpul untuk menambah kehangatan menikmati panorama Tanjung Papuma di kala senja.

Selain keindahan pantai dan panoramanya, Tanjung Papuma juga sering digunakan sebagi event hunting dan shooting bagi mereka yang gemar fotografer. Selain panorama di bentaran tanjung, untuk sunset dan sunrise juga tak kalah menarik untuk dibidik. Apalagi jika malam tiba, para penembak-penembak foto ini juga dapat naik di ketinggian Siti Hinggil untuk mengambil foto hamparan taburan bintang di malam hari. Untuk itu Sewa Mobil Surabaya dapat berbagi cerita pengelaman ini kepada para calon-calon wisatawan dan para fotografer profesional, dikarenakan kami sebelumnya memberikan pelayanan kepada komunitas fotografer dari Jakarta, Bandung, Singapore dan Malaysia untuk beradu kreatifitas dan skill dengan objek Tanjung Papuma setelah membidik target blue fire di daerah Kawah ijen.