membangun transportasi logistik

Membangun Bisnis Transportasi Logistik

Prospek jasa transportasi darat berbasis jalan – membangun bisnis transportasi logistik masih sangat menjanjikan, karena ditopang masifnya pembangunan infrastruktur dan ekspansi pabrik sejumlah perusahaan besar. Dalam beberapa tahun ke depan, populasi angkutan barang nasional diprediksi tumbuh 50% per tahun. Analisa memaparkan pemerintah telah merampungkan pembangunan tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 969 km bahkan akan dilanjutkan hingga Banyuwangi. Fasilitas ini dan Sistem Logistik Nasional yang terintegrasi akan mempermudah dan mempercepat arus pengiriman barang dengan menggunakan truk dan mobil box.

Opini penulis menerangkan proyek pembangunan pemerintah terus meningkat dan kebutuhan serta konsumsi ritel tumbuh sebesar 5%-6% per tahun memicu membangun bisnis transportasi logistik sangat menjanjikan. Ini akan mendongkrak permintaan jasa pengiriman barang. “Pasar dan fasilitasnya juga sudah ada, sehingga pertumbuhan harus meningkat. Ini juga sejalan dengan agenda pemerintah. Setelah infrastruktur tuntas, tentunya pemerintah berniat memacu ekonomi”. Khusus di Jawa, opini penulis, omzet bisnis pengangkutan dengan truk dan mobil box / pick up tahun ini diprediksi mencapai Rp 1 triliun – memicu membangun bisnis transportasi logistik. Tahun depan, jumlahnya diprediksi naik 50% menjadi Rp 1,5 triliun. Tren ini akan terus berlanjut hingga empat tahun berikutnya.

Pengusaha truk dan mobil box / pick up kini juga dapat bersinergi dengan angkutan multimoda, seperti kereta api dan tol laut. Dengan demikian, proses pengiriman barang dapat menjangkau lintas provinsi dan pulau. “Masa depan bisnis logistik akan cerah terus. Artinya, order akan tetap ada dan proses bisnis juga terbantu dengan adanya geliat infrastruktur. Volume yang terus meningkat akan diimbangi kecepatan pengiriman yang disinergikan dengan antarmoda lainnya. Maka, bisnis logistik akan menjadi primadona, karena truk dan mobil box / pick up adalah urat nadi ekonomi nasional,” opini penulis. Untuk menjaga kinerja sektor ini, pemerintah perlu merilis kebijakan kondusif. Penulis menyarankan monitoring jembatan timbang sebaiknya ditempatkan langsung di pintu keluar masuk area industri sebagai tempat yang lalu lintas barangnya padat. Dengan begitu, aturan-aturan dan regulasi pemerintah mengenai pembatasan berat dapat tersampaikan ke pemangku kepentingan, industri penghasil serta industri pemilik barang. Dia juga menyarankan klasifikasi barang dapat dipetakan seperti layaknya kontainer, yakni jenis kargo umum dan kargo khusus. Tujuannya agar kapasitas dan berat dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam pengelompokan jenis barang, termasuk pengawasan dan pengaturan di jembatan timbang. Sebagai informasi, PT Artha Raya Transportasi adalah unit bisnis sewa mobil surabaya dan sewa mobil mewah surabaya dengan pergerakan waktu serta kondisi, maka inovasi diperlukan guna mempertahankan dan atau memajukan bisnis transportasi dengan opsi sewa mobil mewah menjadi alternatif pendukung. Perseroan yang ada dapat melayani pengiriman building material dan infrastruktur, seperti batu bata ringan, semen putih, asbes serta aneka komoditas, antara lain pupuk, semen, minyak goreng, hingga barang jadi.  Untuk bisnis logistik tahun ini akan tumbuh sekitar 10% dibandingkan tahun lalu. Kemudian, bisnis logistik pada 2021 sekitar 8-9%. Angka itu masih lebih tinggi apabila dibandingkan pertumbuhan ekonomi Republik Indonesia. “Pertumbuhan 10% tidak lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bisnis logistik pada tahun-tahun sebelumnya rentang antara 12% dan 14%,” opini penulis. Kendati  demikian, prospek bisnis logistik pada 2021, tetap harus diwaspadai. “Salah satu faktor yang harus diwaspadai adalah perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang dapat memicu lesunya perekonomian.

Tips Membangun Bisnis Transportasi Logistik

Membangun bisnis transportasi logistik adalah bisnis yang sangat menguntungkan, namun juga sangat kompetitif. Banyak pengusaha yang mencoba terjun ke bisnis ini, tetapi sulit bertahan apalagi mengalahkan kompetitor mereka. Ini dikarenakan pengetahuan dan kemampuan mereka yang masih sangat terbatas.

Membangun bisnis transportasi logistik yang sukses lebih dari sekedar memahami rute pengiriman yang baik atau memproses pengiriman dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda implementasikan untuk mengembangkan bisnis transportasi dan logistik Anda.

1. Aplikasikan Metode Pengiriman yang Paling Sesuai

Sebagai pemilik atau manajer bisnis transportasi, Anda tentu sudah tahu mengenai dua metode pengiriman yang paling umum, yakni Less Than Truckload (LTL) dan Full Truckload (FTL). Namun, bagi Anda yang baru membangun bisnis transportasi, memilih metode pengiriman yang paling sesuai bisa menjadi hal yang rumit. Oleh karena itu, mari kita pahami perbedaan serta kekurangan dan kelebihan dari masing-masing metode tersebut.

Pengertian LTL

LTL adalah metode pengiriman barang yang menggabungkan beberapa pengiriman dari banyak klien. Jadi, klien Anda hanya membayar sesuai dengan berat barang atau ruangan truk yang mereka pakai untuk menyimpan barang mereka. Apabila klien hanya menggunakan sepertiga dari ruangan truk, maka mereka hanya perlu membayar sepertiga dari ruang truk Anda.

LTL cocok digunakan apabila Anda memiliki banyak klien yang bisnisnya berskala kecil, sebab biasanya mereka hanya perlu mengirim barang dalam jumlah sedikit dan tidak perlu membayar mahal untuk sekali pengiriman. Kekurangannya yakni waktu pengiriman yang lebih lama dan risiko kesalahan pengiriman yang lebih besar. Jadi, kurir Anda harus ekstra hati-hati mengelola barang dari setiap klien.

Pengertian FTL

FTL adalah metode pengiriman barang yang memungkinkan klien untuk mengirim barang-barangnya menggunakan satu truk tanpa mempedulikan jumlah barang yang dimuat dalam truk tersebut. Jadi, klien diharuskan untuk membayar biaya pengiriman untuk satu truk. Namun, kebanyakan bisnis transportasi dan logistik menawarkan jenis dan ukuran truk yang berbeda berdasarkan pada jumlah dan berat muatan.

Metode FTL biasanya digunakan oleh bisnis transportasi dan logistik yang kliennya dari perusahaan-perusahaan besar dan memiliki banyak pesanan untuk dikirim. Kelebihan dari metode ini yakni waktu pengiriman yang lebih cepat dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Namun, biaya yang harus dikeluarkan oleh klien tentunya juga cukup tinggi.

Jadi, pilih metode yang mana?

Untuk dapat mengetahui metode pengiriman mana yang sebaiknya Anda pilih, maka Anda perlu mempertimbangkan siapa klien Anda, apa jenis barang yang biasa Anda kirim, dan berapa banyak transportasi yang Anda miliki. Jika Anda memiliki banyak klien dengan ukuran bisnis yang berbeda, maka Anda dapat mengombinasikan FTL dan LTL. Namun, Anda perlu memperbanyak jenis dan jumlah armada Anda agar permintaan dari setiap klien dapat terpenuhi.

2. Tentukan Tarif Jasa Pengiriman Anda dengan Tepat

Tarif jasa pengiriman Anda menentukan berapa banyak keuntungan yang akan Anda raih. Tarif Anda harus cukup tinggi untuk menghasilkan keuntungan dan menutupi biaya operasional bisnis transportasi dan logistik Anda. Namun, memberikan tarif yang terlalu tinggi tanpa nilai tambahan apa pun akan membuat Anda kalah dari kompetitor.

Ingat, bahwa ada banyak bisnis transportasi dan logistik lain di luar sana yang mengincar prospek Anda juga. Terlebih lagi, Anda juga harus bersaing dengan broker dengan berbagai penawaran menarik untuk calon klien Anda. Jadi, Anda perlu melakukan riset untuk harga pasar dengan baik. Dan, apabila Anda ingin menaikkan tarif Anda, maka Anda harus memiliki nilai tambahan yang juga menguntungkan klien seperti fitur shipment tracking untuk klien, atau durasi pengiriman yang lebih singkat misalnya.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan tarif jasa pengiriman adalah:

  • Jenis transportasi
  • Jenis pengiriman (FTL atau LTL)
  • Jumlah dan berat muatan
  • Jenis muatan
  • Pemilihan jalur pengiriman
  • Durasi pengiriman
  • Nilai tambahan dari layanan Anda
  • Asuransi (jika ada)

3. Analisis & Kontrol Biaya Operasional dengan Baik

Memahami biaya operasional Anda adalah hal yang krusial. Apabila Anda tidak mengetahui biaya tetap dan variabel Anda secara rinci, maka Anda akan kesulitan mengetahui laba rugi bisnis transportasi dan logistik Anda. Biaya tetap meliputi gaji pengemudi, asuransi, izin, dan sebagainya. Sementara biaya variabel misalnya biaya bahan bakar dan biaya perawatan.

Biaya bahan bakar biasanya adalah yang paling sulit untuk diketahui. Namun dengan sistem manajemen transportasi otomatis, melacak pemakaian bahan bakar adalah hal yang mudah. Sistem ini memungkinkan Anda untuk melacak pemakaian bahan bakar untuk setiap kendaraan secara real-time sehingga memudahkan Anda mengetahui transportasi mana yang menghabiskan bahan bakar terbanyak, sejauh apa mil yang ditempuh, dan berapa banyak biaya bahan bakar yang dihabiskan oleh setiap kendaraan.

Melakukan penghematan pada biaya operasional akan lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki sistem pembukuan yang efisien. Pembuatan laporan keuangan manual biasanya rentan terhadap error dan sulit menentukan laba rugi bisnis secara rinci. Namun, dengan sistem akuntansi otomatis, Anda tidak hanya dapat mengetahui laba rugi secara detail dan melihat data keuangan secara real time, tetapi juga mengestimasi pendapatan dan pengeluaran Anda dengan tepat sehingga arus kas Anda akan dapat lebih terkontrol dengan baik.

4. Gunakan Sistem Otomatis untuk Bisnis Transportasi

Mengelola bisnis transportasi dan logistik secara manual tentu sangat melelahkan dan merepotkan terutama apabila Anda memiliki banyak armada. Apalagi, Anda pasti kesulitan menganalisis performa bisnis Anda; faktor apa yang membuat bisnis Anda merugi, faktor apa yang perlu Anda tingkatkan, atau faktor apa yang menghasilkan keuntungan paling banyak.

Agar lebih unggul dari kompetitor Anda, maka sebaiknya Anda terus meningkatkan manajemen transportasi Anda. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan sistem otomatis untuk bisnis transportasi atau yang lebih dikenal sebagai sistem manajemen transportasi (transport management system). Sistem ini memungkinkan Anda menyimpan dan mengelola seluruh data terkait aktivitas operasional manajemen transportasi Anda secara terpusat. Penjadwalan pengiriman, pelacakan penggunaan bahan bakar, pelacakan kargo, dan pelacakan pengemudi dikelola secara otomatis oleh sistem sehingga Anda dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga secara signifikan.

5. Miliki Back Office yang Efisien

Memiliki back office yang efisien adalah kunci dari kesuksesan bisnis transportasi dan logistik. Meskipun kurir memiliki peran penting dalam menyelesaikan pengiriman, back office lah yang mendukung kesuksesan pengiriman, memastikan kepuasan klien, serta memastikan kelancaran operasional bisnis Anda.

Untuk memiliki back office yang efisien, Anda tidak hanya memerlukan orang-orang yang kompeten, tetapi juga sistem yang dapat mengintegrasikan seluruh proses dalam bisnis Anda, mulai dari keuangan dan manajemen SDM hingga manajemen pelanggan dan pemasaran. Sistem ERP dapat membantu Anda mengelola seluruh aspek bisnis Anda secara terpusat dan memberikan Anda wawasan lengkap terhadap seluruh bisnis Anda.

Dengan Pelayanan Profesional Terpercaya Kami Juga Melayani Sewa Mobil Alphard Surabaya | Sewa Mobil Fortuner Surabaya | Sewa Mobil Pajero Surabaya | Sewa Mobil Camry Surabaya | Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya | Sewa Mobil Hiace Surabaya | Sewa Mobil Venturer Surabaya | Sewa Mobil Mercy Surabaya | Sewa Mobil Land Cruiser Surabaya | Sewa Mobil Vellfire Surabaya | Sewa Mercy Sprinter Surabaya. Kami Memberikan Layanan Yang Terbaik Bagi Pengguna.

Keuntungan Layanan Sewa Mobil Mewah Pus Driver

Berlibur atau liburan adalah suatu momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan berlibur bersama sanak saudara atau teman-teman adalah momen yang menyenangkan. Namun untuk berlibur, Anda membutuhkan alat transportasi – car rental market yang memadai. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda bisa menyewa mobil. Dengan sewa mobil surabaya mewah murah, itu lebih menguntungkan dan juga lebih nyaman. Perjalanan liburan Anda pun akan lebih santai, apalagi jika Anda menyewa sekaligus bersama supir atau driver dari sewa mobil mewah murah tersebut. Ingin tau apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari menyewa mobil dengan menggunakan driver? Simak penjelasannya berikut ini!

1.  Meningkatkan Efisiensi Waktu 

Di Indonesia, terkenal dengan alur lalu lintas yang begitu padat, apalagi di kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Bali, dan kota besar lainnya. Jika Anda sewa mobil murah beserta dengan driver, maka akan berbeda dampaknya. Anda tidak perlu capek-capek membawa mobil sendiri. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung mencari jalan, karena pengetahuan supir yang tentunya lebih mengenal kondisi jalan dan dapat membaca keadaan ataupun kondisi lalu lintas. Ia juga akan dengan mudah memilih jalan yang lebih leluasa untuk Anda. Tidak hanya itu, jika menggunakan rental mobil disertai dengan sopir sekaligus, itu bisa membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan dengan mengunjungi beberapa tempat yang belum pernah Anda kunjungi dan tentunya akan membuat waktu perjalanan Anda jadi lebih efisien.

2.  Hemat Tenaga 

Dengan menggunakan supir atau driver, Anda bisa lebih menghemat tenaga Anda untuk berlibur ke banyak tempat wisata atau tempat liburan lainnya. Anda tidak perlu lelah bermacet-macetan. Dengan driver, Anda tinggal duduk santai di dalam mobil menikmati perjalanan sambil bersenda gurau bersama sanak saudara atau teman Anda. Jadi, sesampai di tujuan, Anda pun tidak kelelahan dan bisa lebih menikmati liburan.

3.  Sebagai Pemandu Wisata 

Selain dapat mengetahui kondisi jalanan yang lebih baik, supir pada layanan jasa sewa mobil mewah murah juga bisa menjadi pemandu wisata Anda dalam memilih tempat liburan. Biasanya ini sudah satu paket pembayaran sebagai supir. Jadi, selain sebagai supir, dia juga bertugas untuk memberi tahu tempat wisata mana yang cocok untuk Anda tuju.

4.  Tidak Repot 

Jika Anda mengendarai sendiri, maka akan merepotkan saat melakukan perjalanan wisata. Hal ini bisa terjadi bila pengetahuan Anda kurang tentang tempat wisata. Sedangkan, jika Anda menggunakan supir, itu dapat membantu Anda untuk menghindari beberapa hal yang dapat merepotkan Anda selama liburan, seperti mencari lahan parkir.

Itulah keuntungan yang bisa didapatkan dari rental mobil dengan menggunakan driver. Bagi Anda yang tertarik untuk rental mobil dengan driver dari kami, maka Anda bisa percayakan pada kami. PT Artha Raya Transportasi merupakan salah satu penyedia layanan kami menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda.

Apa Itu Persewaan Mobil Mewah?

Persewaan mobil mewah surabaya, jawa timur menawarkan tempat duduk yang nyaman dengan banyak ruang untuk bagasi. Mobil sewaan mewah adalah pilihan tepat untuk perjalanan bisnis atau liburan. Reservasi sekarang dan dapatkan harga sewa mobil mewah dari kami. Kami juga memberikan peluang kemitraan investor untuk maju berkembang dengan bisnis jasa ini.

Sebuah mobil sewa mewah menawarkan ruang penumpang tambahan, ruang bagasi, dan fitur dari sedan lainnya. Ini dengan nyaman menampung lima penumpang dan merupakan pilihan yang bagus untuk orang-orang dalam perjalanan bisnis atau santai. Nissan Maxima adalah salah satu contoh rental mobil premium.

Pilihan Bijak, Pesan Rental Mobil Dengan Tips Sewa Mobil Dan Harga Murah Serta Jelajahi sewa mobil surabaya Kami. Kebutuhan Anda Akan Hemat  Ketika Merencanakan Perjalanan Sesuai Kebutuhan.  Nikmati Penawaran, Tarif, Dan Aksesori Terbaik. Dengan Layanan Persewaan Mobil Mewah Surabaya Dengan Solusi Terpercaya Dari PT Artha Raya Transportasi, Anda Dapat Menjelajahi Semua Kota Dengan Nyaman Dan Aman.

Hadir Memberikan Anda Solusi Transportasi Nyaman Dan Berkesan Selama Berkunjung Di Kota2 Lain Di Indonesia. Dengan Driver Berpengalaman Sehingga Anda Tidak Perlu Khawatir Seluk Beluk Lalu Lintas Dan Kota Besar Yang Padat. Kami Memiliki Armada Guna Mendukung Jasa Rental Mobil Mewah Yang Sangat Lengkap, Mulai Dari Unit Standar Hingga Premium.

Dengan Memilih Layanan, Anda Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Dalam Jumlah Besar. Pengalaman Didapatkan Juga Tidak Jauh Berbeda. Menariknya Lagi, Anda Bisa Dengan Bebas Memilih Tipe Mobil Mewah Menjadi Solusi Transportasi Anda.

Scroll to Top