strategi kompetitif bisnis online

Strategi Kompetitif Bisnis Online

Para manajer dan atau entrepreneur akan kehilangan logika prinsip ekonominya ketika tujuan jangka panjang menjadi momok dan senantiasa memikirkan dalam tekanan harian untuk mencapai hasil keuangan jangka pendek (Hit and Run). Kunci untuk memastikan bahwa perusahaan tetap di jalur adalah capaian tujuan untuk keberadaan strategi bisnis yang jelas dan terfokus.

Persaingan di Dunia Bisnis Online

Keunggulan kompetitif memungkinkan perusahaan memproduksi atau menjual barang dan atau jasa lebih efektif daripada bisnis lain. Pemilik bisnis biasanya mengembangkan strategi bisnis untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Beberapa jenis strategi tersedia di lingkungan bisnis. Pemilik bisnis dapat menggunakan strategi standar atau mengembangkan strategi kompetitif bisnis online mereka sendiri dan serta fleksibilitas merupakan fitur penting dari strategi bisnis yang kompetitif.

Strategi kompetitif bisnis online didefinisikan sebagai rencana jangka panjang dari perusahaan tertentu untuk mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaingnya di industri. Hal ini bertujuan menciptakan posisi defensif dalam industri dan menghasilkan ROI yang unggul (Return on Investment).

Jenis strategi seperti itu memainkan peran yang sangat penting ketika industri sangat kompetitif dan konsumen diberikan produk yang hampir serupa. Satu dapat mengambil contoh pasar makanan  online, jasa transportasi online dan atau sewa mobil mewah surabaya serta penjualan retil.

Perkembangan memperoleh pelanggan saat ini banyak dilakukan secara instan. Dan tidak dipungkiri, itu merupakan langkah efektif yang ditempuh jika tidak mempertimbangkan secara matang akan efek domino yang akan terjadi. Apa itu merupakan strategi pemasaran dengan penerapan Long Condition atau hanya sesaat? Jika memang langkah pemasaran yang diambil adalah hit and run, maka cepat atau lambat akan berimbas pada kondite dan profil perusahaan jika langkah yang diambil nantinya memberatkan sepihak. Hal ini merupakan dampak strategi kompetitif bisnis online – pemasaran yang nantinya kedepan terjadi caruk maruk di dalam manajemen perusahaan bahkan menuai sejumlah protes dan kontroversi yang membuat kehilangan pelanggan secara drastis.

Langkah strategi subsidi dengan mempublish sejumlah promo dengan membanting harga pasar untuk sekarang dianggap sah-sah aja. Tetapi apakah langkah strategi ini efektif untuk memperoleh pelanggan? Penulis menggangap hal ini adalah sah dan efektif untuk memperoleh pelanggan secara instan.

Kenapa dianggap secara instan, dikarenakan pelanggan dimanjakan bahkan dibuai dengan segala diskon maupun uraian kata media pemasaran yang membuat pelanggan tertarik. Tetapi apakah yang terjadi jika subsidi lambat laun pelan-pelan dikurangi bahkan dihilangkan? Dan apakah dampak ini berimbas pada pelanggan secara dramatis? Singkat kata beberapa promo digelar untuk memperoleh pelanggan secara instan dan ketika subsidi atau apapun yang merangsang pelanggan untuk membeli dan atau menggunakan jasa dihilangkan, apakah akan berdampak positif pada pelanggan yang berkelanjutan? Jawabannya adalah belum tentu.

Hal ini dikarenakan pelanggan akan mengambil langkah seribu untuk membeli produk maupun menggunakan jasa mereka kembali. Dan secara nalar pemikiran ekonomis, pelanggan akan berlari ke sejumlah toko yang menggelar gebyar promo dan atau perusahaan yang memberikan diskon gede-gedean. Dan atau bahkan bisa terjadi jika pelanggan mengambil hal wajar dalam pemikiran ekonomis untuk kembali ke toko maupun perusahaan yang konstan menjual produk maupun jasanya.

Disini penulis katakan bahwa untuk memperoleh pelanggan dengan dalih dan penerapan strategi apapun dalam dunia bisnis dianggap sah dan merupakan langkah efektif untuk menjaring pelanggan. Tetapi menjadi sebuah catatan untuk para entrepreneur bahwa Untuk Mempertahankan Pelanggan Adalah Hal Yang Tidak Semudah Meraihnya. Disini himbauan untuk penekanan mempertahankan pelanggan secara konstan diperhitungkan kembali bahkan dimanage dengan meminimalisir segala resiko yang terjadi di kemudian hari.

Maraknya perkembangan bisnis dengan ditopang perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri sangatlah pesat perkembangannya. Beberapa online shop bahkan perusahaan jasa mengambil pemberdayaan teknologi mendapatkan strategi pemasaran secara jitu untuk meraih pelanggan. Dan secara nyata merambah dalam dunia jasa media transportasi secara online dimana pelanggan dimudahkan bahkan disubsidi untuk merangsang pelanggan menuju hal yang irasional dan secara ekonomis menjadi momok besar dalam kompetisi secara sehat. Kenyataannya terjadi caruk maruk di dalam meninjau kembali keberadaan taksi dan ojek online membuat para pelaku bisnis di dunia transportasi menjadi sebuah momok kompetisi yang tidak sehat? Bagaimana ini terjadi? Dan apakah strategi pemasaran yang dibuat sedemikian rupa jika tidak diimbangi dengan pemikiran secara ekonomis, resiko dan bahkan perimbangan manajemen akan berdampak internal bahkan eksternal? Semua jawaban akan dipertimbangkan kembali sebagai seorang entrepreneur dan kembali peraturan perundangan ditinjau kembali untuk menciptakan dunia bisnis dengan kompetisi yang sehat.

Beberapa hal dimana entrepreneur dapat menimbang kembali mengenai:

  1. Product Strategy, mendefinisikan produk sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, akuisisi, penggunaan dan atau konsumsi.
  2. Pricing Strategy mendefinisikan harga sebagai biaya produksi, memberikan dan mempromosikan produk dibebankan oleh organisasi.
  3. Promotion Strategy menggambarkan promosi sebagai bagian dari upaya khusus untuk mendorong pelanggan untuk memberitahu orang lain tentang layanan mereka.
  4. Place Strategy mendefinisikan tempat sebagai cara apapun bahwa pelanggan dapat memperoleh produk atau menerima layanan.
  5. Packaging Strategy, kemasan adalah komponen penting dari marketing mix untuk produk.

Sebelum merancang strategi yang kompetitif, seseorang perlu mengevaluasi semua kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dalam industri dan kemudian melanjutkan yang akan memberikan satu keunggulan kompetitif.

1. Cost Leadership

Di sini, tujuan perusahaan adalah untuk menjadi produsen barang dan atau jasa dengan biaya terendah di industrinya dan dicapai dengan memproduksi dalam skala besar sehingga memungkinkan perusahaan untuk mencapai skala ekonomi. Pemanfaatan kapasitas tinggi, daya tawar yang baik, implementasi teknologi tinggi adalah beberapa faktor yang diperlukan untuk mencapai Cost Leadership. misalnya beberapa perusahaan barang dan jasa baik manufaktur maupun jasa transportasi yang menjadi acuan para pelanggan saat ini.

2. Differentiation Leadership

Di bawah strategi ini, perusahaan mempertahankan fitur unik dari produk barang dan atau jasa di pasar sehingga menciptakan faktor yang membedakan. Dengan Differentiation Leadership ini, perusahaan menargetkan untuk mencapai kepemimpinan pasar. Dan perusahaan mengenakan harga premium untuk produk (karena fitur bernilai tambah tinggi). Merek dan kualitas superior, saluran distribusi utama, dukungan promosi yang konsisten, dll. Adalah atribut dari produk tersebut untuk meningkatkan daya saing dan ketertarikan pelanggan akan produk barang dan jasa yang ditawarkan.

3. Cost Focus

Di bawah strategi ini, perusahaan berkonsentrasi pada segmen pasar tertentu dan membuat produknya tetap murah di segmen tersebut. Strategi seperti itu membantu perusahaan untuk memuaskan konsumen yang cukup dan mendapatkan popularitas. Misalnya. Perusahaan jasa transportasi online yang saat  ini semarak.

4. Differentiation Focus

Di bawah strategi ini, perusahaan bertujuan untuk membedakan dirinya dari satu atau dua pesaing, lagi-lagi hanya dalam segmen tertentu. Jenis diferensiasi ini dibuat untuk memenuhi permintaan pelanggan perbatasan yang menahan diri untuk tidak membeli produk pesaing hanya karena tidak memiliki fitur-fitur kecil. Ini adalah strategi pemasaran ceruk yang jelas.

Tanpa mengikuti strategi persaingan yang disebutkan di atas, menjadi sangat sulit bagi perusahaan untuk bertahan dalam industri yang kompetitif.

Dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mengembangkan serta mempertahankan sebuah promosi pemasaran yang beresonansi dengan pelanggan anda. Sebagai entrepreneur strategis, bagaimanapun pengembangan promosi pemasaran membutuhkan lebih pertimbangan sehingga kedepan menciptakan suasana kondusif dalam kompetisi yang sehat. Ada saat-saat dimana seorang entrepreneur dapat menabrak sejumlah dinding-dinding norma serta kode etik dalam bisnis. Tetapi perlu menjadi sebuah catatan bahwa apakah langkah menembus dinding tersebut menciptakan suasana kondusif dalam menjalankan bisnis anda kedepan? Disini penulis harapkan para entrepreneur mengupas kembali strategi pemasaran yang pasti akan memicu energi kreatif.

Pasar globalisasi saat ini telah membuat perusahaan untuk melihat internasionalisasi kegiatan mereka sebagai cara untuk tetap kompetitif.

Penulis melihat keputusan strategi sebuah organisasi membuat pola alokasi sumber lain untuk merangkum strategi yang tepat diterapkan. Strategi pemasaran merupakan prasyarat penting dari kemampuan Industri untuk memperkuat pangsa pasar dan meminimalkan dampak dari kompetisi. Usaha kecil dan menengah (UKM) harus serta merta menciptakan suasana kondusif pasar bisnis dalam ranah kompetisi yang sehat.

strategi kompetisi bisnis online

10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis Online

Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang bisa melakukan apapun dengan mudah, termasuk berbisnis. Itu mengapa kini bisnis online semakin menjamur baik itu yang berskala kecil maupun besar. Pangsa pasar besar, modal yang relatif sedikit, akses informasi yang mudah serta keuntungan yang cukup besar biasanya menjadi alasannyaAkan tetapi perlu diingat bahwa persaingan di bisnis online juga tidak main-main. Untuk itu Anda memerlukan strategi tersendiri untuk mengatasinya.

Banyak yang salah menetapkan langkah pertama sehingga usaha tidak bisa berkembang. Ada pula yang telah memulai dan berjalan, namun karena kurangnya eksplorasi dan inovasi akhirnya bisnis yang dirintis terbengkalai. Oleh karena itu, meskipun bisnis online menawarkan banyak kemudahan, Anda tetap harus mempunyai persiapan dan rencana jangka panjang yang matang agar tetap stabil. Berikut Jurnal merangkum beberapa hal yang harus dilakukan sebagai langkah awal dan apa yang sebaiknya dilakukan ke depan untuk menghadapi persaingan bisnis online.

1 Lakukan Riset & Tentukan Target Pasar2 Tunjukkan Keunikan Produk3 Lakukan Branding4 Website yang Menarik5 Inovasi Produk6 Menjaga Loyalitas Konsumen7 Memberikan Diskon, Promosi, Voucher, dan Bonus8 Berkolaborasi dengan Kompetitor atau Mencari Mitra Usaha9 Menggunakan Jasa Digital Marketing10 Jujur

Lakukan Riset & Tentukan Target Pasar

Bisnis online yang tidak bertahan lama biasanya disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang di awal sehingga owner bingung menentukan langkah lanjutan untuk bisnisnyaLangkah awal yang bisa dilakukan sebelum melakukan bisnis online adalah dengan melakukan riset dan menentukan target pasar. Ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terhadap konsumen dan kompetitor. Riset konsumen menjadi penting karena dapat membantu mengetahui bagaimana perilaku konsumen, apakah bisnis yang Anda bangun dibutuhkan dan berapa banyak konsumennya.

Untuk pebisnis pemula, riset sederhana bisa dilakukan dengan wawancara, diskusi atau paling mudah dengan survei online. Anda bisa sekaligus menawarkan produk kepada konsumen dan meminta tanggapan mereka. Selain melakukan riset konsumen, lakukan juga riset terhadap kompetitor. Dengan ini Anda bisa menemukan tantangan dalam bidang bisnis online yang dijalankan. Manfaatkan data-data yang tersedia di internet untuk mendapatkan informasi mengenai kompetitor.

Kedua riset ini akan memberi pemahaman mengenai kondisi pasar dan potensi pertumbuhan bisnis online Anda kedepannya. Sehingga Anda pun bisa mengetahui kepada siapa nanti bisnis Anda ditujukan dan strategi untuk bersaing.

Tunjukkan Keunikan Produk

Cara menghadapi persaingan bisnis online lainnya adalah dengan membuat produk serta layanan yang berbeda dari lainnya. Perhatikan apa saja yang tidak ditawarkan oleh kompetitor. Jadikan produk dan layanan yang tidak tersedia tersebut sebagai komoditas di bisnis online Anda. Jika yang Anda tawarkan banyak ditemukan dipasaran, usahakan untuk memiliki keunggulan lain yang bisa ditonjolkan. Contohnya dari segi bahan yang lebih kuat, desain yang lebih baru atau harga yang lebih murah.

Lakukan Branding

Brand merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang dapat menentukan pertumbuhan bisnis di masa depan, khususnya di dunia digital. Dengan melakukan branding Anda sedang membuat konsumen familiar dengan bisnis yang sedang dijalankan. Semakin familiar konsumen,  akan semakin sering bisnis online Anda ditargetkan sebagai pilihan ketika membutuhkan sesuatu. Ini juga akan menumbuhkan kepercayaan terhadap produk dan layanan yang disediakan. Anda bisa melakukan branding melalui media sosialadword, bazar dan SEO. Disinilah Strategi Kompetitif Bisnis Online berjalan.

Website yang Menarik

Bisnis online sangat mengandalkan dunia digital untuk seluruh kegitannya, mulai dari promosi, penjualan hingga follow up pelanggan di kemudian hari. Untuk itu berikan tampilan menarik pada website online Anda agar konsumen pun tertarik untuk berkunjung. Aplikasikan desain yang elegan dan tampilkan foto produk yang menarik. Selain itu bangunlah website yang user-friendly agar mudah digunakan oleh konsumen. Anda bisa menyewa jasa pembuatan website atau melakukannya sendiri jika Anda bisa. Desain website yang user-friendly akan memudahkan pengguna menggunakan website Anda. Konsumen akan kesulitan jika website Anda terlalu berat dan tampilannya berantakan. Bahkan konsumen bisa langsung menutup website Anda jika dirasa website tidak menarik. Jadi pilihlah desain yang ramah pengunjung.

Inovasi Produk

Riset dan branding maksimal, jika tidak diimbangi dengan produk yang berkualitas maka resiko konsumen beralih kepada kompetitor masih akan tetap tinggi. Oleh karena itu, produk unik dan menarik yang ditawarkan juga harus diberikan peningkatan dengan berbagai inovasi. Selalu lakukan eksplorasi terhadap produk dan layanan sendiri mulai dari terkecil hingga terbesar untuk meningkatkan kualitasnya. Lengkapi juga katalog Anda dengan lebih banyak pilihan agar konsumen bisa menemukan barang yang diinginkan dengan mudah. Memberikan promo juga bisa dilakukan untuk memberikan variasi pilihan yang dibutuhkan pelanggan.

Menjaga Loyalitas Konsumen

Dalam berbisnis, pemilik usaha tidak sekadar memperhatikan kualitas merek dan kualitas produk. Pemilik usaha juga harus memperhatikan fasilitas dan layanan terhadap konsumen. Karena bisnis ini dilakukan secara online, maka manfaatkanlah dunia digital semaksimal mungkin untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sering-seringlah berinteraksi dengan mereka. Balas pesan konsumen secepat mungkin dan jawablah pertanyan-pertanyaan mereka menganai produk Anda dengan baik. Bersikaplah ramah, berbicara dengan sopan serta sabar merupakan kunci untuk menjadikan pembeli sebagai raja. Follow up kembali konsumen lama dengan memberikan informasi terbaru mengenai produk dan layanan Anda. Impresi yang konsumen dapatkan dari penjual juga menjadi salah satu yang membuat mereka mau bertahan pada satu penyedia produk.

Memberikan Diskon, Promosi, Voucher, dan Bonus

Memberikan diskon, promo, voucher, dan bonus tidak akan membuat rugi bisnis yang sedang Anda jalankan. Keuntungan yang didapat mungkin akan sedikit dalam periode pemberian tersebut. Namun Anda juga harus melihat dampak kini dan jangka panjang yang bisa dihasilkan. Konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang diberikan potongan harga. Konsumen sewa mobil mewah surabaya akan beranjak untuk belanja ketika mereka ada promo atau mereka mempunyai voucher di toko online tertentu. Selain itu, jangan ragu untuk memberikan hadiah dan bonus kepada untuk pelanggan setia untuk meningkatkan loyalitas mereka. Begitulah Strategi Kompetitif Bisnis Online.

Berkolaborasi dengan Kompetitor atau Mencari Mitra Usaha

Kompetitor dalam bisnis tidak hanya sebagai saingan saja. Kompetitor juga bisa menjadi salah satu jalan agar bisnis bisa terus berkembang. salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama ataupun kolaborasi. Kerjasama kreatif dan saling menguntungkan dengan keunggulan kalian masing-masing bisa menjadi solusi untuk menembus segmen pasar yang baru. Akan ada ide-ide segar yang muncul jika Anda mau membuka diri untuk mengambil resiko berteman dengan kompetitor.

Menggunakan Jasa Digital Marketing

Pebisnis saat ini banyak memanfaatkan jasa digital marketing untuk menangani masalah pemasaran online. Dengan jasa ini pengiklanan dan promosi bisnis online Anda bisa semakin optimal karena dibantu dengan meningkatkan traffic pengunjung. Anda bisa memanfaatkan media sosial, Facebook adsSEO atau Google adwords. dana yang dikeluarkan mungkin cukup besar, namun cara ini biasanya cukup efektif. Menarik pengunjung melalui online memangtidak mudah, apalagi mengubah menjadi konversi. Jadi menggunakan jasa digital marketing akan membantu mengelola iklan bisnis Anda mulai dari mencari traffic hingga berubah jadi konversi.

Jujur

Sudah tidak diragukan lagi, di dunia maya dimana produsen dan konsumen tidak saling bertemu, kejujuran dan kepercayaan adalah poin krusial. Dalam Strategi Kompetitif Bisnis Onlinekonsumen biasanya akan membayar terlebih dahulu sebelum mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan. Di sinilah kejujuran dari pemilik usaha dibutuhkan untuk membangun kepercayaan konsumen. Selain itu Anda juga harus berani bertanggung jawab jika terjadi sesuatu. Terkadang ada barang yang sedikit cacat, pengiriman yang terlambat, packaging yang rusak dan masalah lain. Anda sebaiknya langsung melakukan follow up terhadap masalah ini atau lebih baik dengan memberikan kompensasi. Konsumen akan sangat mengapresiasi hal ini, bahkan bisa menaruh kepercayaan tinggi pada bisnis Anda.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi persaingan di bisnis online dengan Strategi Kompetitif Bisnis Online. Kompetitor memang cukup banyak, namun jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak berkembang. Selain mengaplikasikan hal-hal di atas, Anda juga bisa belajar dari para pegiat bisnis yang sudah berhasil. Karena pengalaman-pengalaman yang telah mereka lalui sebelumnya merupakan sebuah pembelajaran yang lebih baik dan berharga.

Setelah bisnis online berjalan, dilanjutkan dengan mengelola keuangan. Untuk pengelolaan ini memang tidak sulit namun juga tidak mudah. Apalagi Anda yang tidak mempunyai basic di bidang akuntansi. Namun tidak perlu khawatir, karena kini Jurnal hadir sebagai solusi pengelolaan keuangan bisnis Anda. Jurnal menyediakan software akuntansi user-friendly dengan fitur yang lengkap. Mulai dari pencatatan keuangan biasa, perhitungan pajak hingga pengelolaan aset bisa dilakukan di dalam satu aplikasi. Tertarik mencoba? Dapatkan dengan mudah di sini.

Scroll to Top